Visit Our Store at WTC Mall 2nd Floor, No. 227, Surabaya City

Lakukan 10 Tips Untuk Mengatasi Baterai MacBook Boros

Daftar 10 Cara Perbaikan untuk Dicoba jika Baterai MacBook Cepat Habis

www.irepair.co.id
Well! Jika MacBook anda tidak tahan lama seperti dulu, ikuti langkah pemecahan masalah ini untuk memperbaiki masalah terkait baterai. Buka MacBook dengan ikon baterai ditumpangkan  Baterai yang cepat habis adalah masalah yang sangat mengganggu. Jadi, apa yang anda lakukan saat melihat MacBook anda mulai kehabisan baterai lebih cepat dari biasanya? 
www.irepair.co.id
Kami telah menyusun daftar beberapa perbaikan sederhana namun efektif yang dapat anda coba untuk membantu anda mengoptimalkan masa pakai baterai MacBook dan tetap produktif sepanjang hari. Tutorila yang kami bagikan ini bisa diaplikasikan pada MacBook Air, Pro, M1, dan M2. Di artikel sebelumnya kami di iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya telah merilis artikel tentang Ciri-Ciri Main Board MacBook Rusak. Nah, dalam artikel kali ini, kami di irepair.co.id akan mengajak anda mengenali beberapa tips penting untuk mengatasi MacBook yang mengalami baterai boros. Simak terus ulasan kami berikut ini!

1. Perbarui macOS pada MacBook
www.irepair.co.id
Dengan setiap pembaruan macOS, ada sedikit perbaikan di sana-sini dan terkadang fitur besar yang berujung pada pengalaman yang relatif lebih baik untuk MacBook anda. Lakukan langkah berikut ini:

Buka Pengaturan Sistem > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak baru untuk MacBook anda.

Catatan irepair.co.id: Disini jiika anda sudah lama tidak memperbarui baterai, itu bisa menjadi alasan penurunan kinerja baterai.

2. Ubah Pengaturan pada MacBook
www.irepair.co.id
Baterai MacBook anda mungkin normal di Laporan Sistem, namun beberapa pengaturan yang tampaknya tidak berbahaya di MacBook anda mungkin bertanggung jawab atas seberapa cepat baterai habis. Kombinasi kecerahan layar yang tinggi dan terus-menerus mengaktifkan notifikasi push, layanan lokasi, Bluetooth, dan Wi-Fi dapat memberikan tekanan nyata pada kemampuan MacBook anda untuk menghemat daya.

Meskipun ini adalah fitur penting yang mungkin merupakan bagian integral dari alur kerja anda di beberapa titik, pertimbangkan untuk menonaktifkannya saat anda tidak perlu menggunakannya. Mulailah dengan mengontrol bagaimana MacBook anda menggunakan energi setelah tidak digunakan.

  • Buka Pengaturan Sistem> Kunci Layar
  • Ubah Matikan tampilan pada baterai saat tidak aktif menjadi satu atau dua menit untuk menghemat baterai.

Selain itu, saat anda menggunakan MacBook di ruang yang cukup terang, sesuaikan kecerahan keyboard MacBook anda. Anda dapat dengan mudah menekan F1 untuk mengurangi tingkat kecerahan layar anda. Atau, temukan ikon Pusat Kontrol di bilah menu di sudut kanan atas layar dan gerakkan penggeser kecerahan yang sesuai.

Catatan irepair.co.id: Saat anda masih berada di Pusat Kontrol, nonaktifkan Bluetooth dan Wi-Fi jika anda tidak menggunakannya untuk membantu menghemat daya baterai MacBook anda. Dan jika anda selalu mendapatkan banyak notifikasi, anda mungkin ingin menyesuaikan notifikasi anda di macOS. Ini dapat mengurangi gangguan bagi anda dan secara tidak langsung berkontribusi kecil untuk menghemat masa pakai baterai MacBook.

3. Hapus Aplikasi Startup di MacBook
www.irepair.co.id
Saat beberapa aplikasi diluncurkan saat anda menyalakan MacBook, anda mungkin tidak terlalu keberatan karena ini menghemat waktu dan tekanan untuk membukanya secara manual. Namun, karena aplikasi ini diluncurkan secara instan dan berjalan di latar belakang selama MacBook anda digunakan, aplikasi tersebut dapat menghabiskan sebagian besar masa pakai baterai anda. Dan ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa baterai MacBook anda habis dengan cepat akhir-akhir ini. Pertimbangkan untuk menonaktifkan aplikasi ini agar tidak diluncurkan secara sewenang-wenang saat memulai, terutama jika anda tidak selalu harus menggunakannya. Lakukan dengan cara berikut ini:

  • Buka menu Apple > Pengaturan Sistem > Umum > Item Login. 
  • Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang diizinkan untuk dibuka setelah anda masuk ke MacBook.
  • Pilih item login yang tidak Anda inginkan lagi dan klik tombol Hapus (-). 

Catatan irepair.co.id: Saat berada di sini, anda juga dapat menonaktifkan izin untuk aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang. Dan begitu anda memulai ulang, aplikasi ini seharusnya tidak langsung diluncurkan lagi.

4. Keluar dari Aplikasi Latar Belakang yang Tidak Perlu di MacBook
www.irepair.co.id
Jika anda sering beralih antar aplikasi, kemungkinan beberapa aplikasi masih berjalan di latar lama setelah anda meninggalkannya. Dan beberapa aplikasi, seperti Steam dan Adobe, mengkonsumsi daya yang cukup banyak dan dapat membuat MacBook anda kehabisan baterai lebih cepat dari biasanya. Jadi, cara sederhana untuk memasang lubang di baterai MacBook anda yang cepat habis adalah dengan menutup semua aplikasi yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang dari Activity Monitor. 

  • Cari Monitor Aktivitas menggunakan pencarian Spotlight (Command + Spasi) dan luncurkan utilitas.
  • Setelah masuk, klik tab %CPU di bagian atas. 

Catatan irepair.co.id: Sekarang, anda akan mendapatkan ikhtisar aplikasi aktif dan proses sistem yang menghabiskan terlalu banyak daya CPU di Mac anda. Pilih aplikasi yang ingin anda tutup, pilih tombol Berhenti (X) di bagian atas, dan klik Keluar.

5. Gunakan Mode Daya Rendah pada MacBook
www.irepair.co.id
Meskipun anda tidak dapat menghentikan semua aktivitas latar belakang di Mac anda, fitur kecil yang bagus yang disebut Mode Daya Rendah memengaruhi kinerja MacBook anda, tetapi dapat menjadi perbaikan yang efektif untuk baterai yang cepat habis. Untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah:

  • Klik ikon Baterai di pojok kanan atas bilah menu
  • Pilih Pengaturan Baterai. 

Catatan irepair.co.id: Di sini, anda dapat mengubah pengaturan Mode Daya Rendah ke Hanya dengan Baterai jika anda ingin MacBook anda menghemat daya saat dicabut.

6. Beralih ke Safari Browser pada MacBook
www.irepair.co.id
Jika anda menghabiskan banyak waktu menjelajahi internet untuk bekerja atau bersantai, kemungkinan besar aplikasi browser anda terus berjalan di Mac anda. Dan itu bisa menjadi penyebab utama yang bertanggung jawab menguras baterai MacBook anda. Chrome, misalnya, cukup terkenal dalam hal ini.

Catatan irepair.co.id: Ya, meskipun ada banyak alasan untuk memilih Safari, yang utama adalah browser ini paling hemat energi untuk MacBook anda. Namun, jika berpisah dengan Google Chrome bukanlah suatu pilihan, cobalah tips ini untuk mengurangi ketegangan Chrome pada baterai.

7. Perbaiki Habit Pengisian Daya pada MacBook
www.irepair.co.id
Dalam hal pengisian daya, beberapa kebiasaan buruk dapat merusak baterai MacBook anda seiring waktu. Idealnya, anda harus menggunakan pengisi daya asli Apple yang disertakan dengan MacBook anda daripada pengisi daya pihak ketiga yang lebih murah.

Catatan irepair.co.id:  Beralih ke adaptor atau hub yang lebih rendah dapat merusak baterai MacBook Anda dalam jangka panjang. Selain itu, anda tidak boleh menunggu baterai anda mencapai nol sebelum mencolokkannya, dan saat anda mencolokkannya, jangan terlalu membebani MacBook anda.

8. Atur ulang SMC
www.irepair.co.id
Jika anda menggunakan MacBook berbasis Intel, taruhan terbaik anda mungkin mengatur ulang Pengontrol Manajemen Sistem, atau disebut SMC. Ini adalah chip yang memainkan peran mendasar dalam perilaku perangkat keras MacBook anda.

Catatan irepair.co.id: Kami telah membahas panduan tentang semua langkah yang perlu anda ambil untuk melakukan reset SMC di MacBook anda. Namun, anda tidak perlu melakukan ini pada MacBook silikon Apple karena tidak memiliki SMC.

9. Mulai ulang MacBook Device
www.irepair.co.id
Jika MacBook anda sudah menyala sangat lama, anda mungkin melihat beberapa perubahan dalam efisiensi. Jadi, yang mungkin perlu anda lakukan hanyalah menyimpan pekerjaan anda, menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, dan memulai ulang mesin anda. 

Untuk melakukannya, klik menu Apple di pojok kiri atas dan pilih Restart dari dropdown. 

Catatan irepair.co.id: Disini anda mungkin melihat sedikit peningkatan kinerja setelah reboot.

10. Periksa Kondisi Baterai MacBook (CC Baterai MacBook)
www.irepair.co.id
Baterai MacBook anda mungkin tidak bertahan lama seperti saat masih baru, sehingga daya baterainya relatif lebih cepat habis. Namun anda masih menjalankan aplikasi yang sama dan menyelesaikan tugas yang sama. Ini bisa menjadi tanda untuk memeriksa keadaan baterai MacBook anda. Dan inilah caranya:

  • Klik pada menu Apple
  • Pilih Tentang Mac ini. 
  • Di jendela yang muncul, klik More info > System Report. 
  • Di jendela berikutnya yang muncul
  • Gulir ke bawah dan pilih Daya di bawah Perangkat Keras.


Di sini, anda akan menemukan informasi lengkap tentang kesehatan baterai MacBook anda. Carilah tiga detail penting: jumlah siklus baterai MacBook anda, kapasitas maksimum, dan kondisinya. Anda menyelesaikan siklus pengisian daya setiap kali baterai benar-benar habis dan kemudian mengisinya kembali hingga 100 persen. Dan menurut Apple, MacBook modern dinilai untuk 1.000 siklus pengisian daya.

Akibatnya, ketika MacBook anda mencapai angka-angka ini, kemungkinan besar akan menghemat daya, menyebabkan anda mengalami masa pakai baterai yang lebih pendek. Dan ini bisa menjelaskan mengapa itu tidak bertahan selama dulu. 

Catatan irepair.co.id: Mengenai kondisi baterai, kemungkinan besar anda akan melihat salah satu dari opsi berikut: Normal atau Direkomendasikan Servis. Normal berarti baterai anda berfungsi dengan baik, sedangkan Service Recommended berarti baterai menurun, dan anda mungkin harus menjelajahi opsi penggantian baterai untuk MacBook anda.

Penutup
www.irepair.co.id
Selesaikan Masalah Baterai MacBook? Hal lain yang dapat anda lakukan adalah dengan melepaskan Aksesori Idle pada MacBook. Setiap aksesori, baik itu adaptor, hard drive eksternal, kabel untuk mouse Anda, atau headphone, saat terhubung, menarik sebagian daya dari MacBook Anda. Jadi, saat Anda tidak menggunakan semua ini, cabut dari laptop Anda. Meskipun ini mungkin tidak memperbaiki masalah Anda secara permanen, ini adalah satu lagi colokan di lubangnya.
MacBook umumnya adalah mesin berkualitas tinggi dan andal. Dan bekerja dengan satu dapat meningkatkan produktivitas anda beberapa tingkat. Tetapi ketika masalah seperti baterai yang rusak mulai mengganggu laptop anda, itu bisa menjadi pengalaman yang benar-benar membuat frustrasi.
Mencoba salah satu perbaikan yang telah kami uraikan akan membantu. Jika tidak, anda mungkin perlu melangkah lebih jauh untuk mengidentifikasi aplikasi atau proses apa yang memonopoli sumber daya MacBook anda dan menghabiskan baterainya.
iRepair Premium Apple Repair Service Store menawarkan layanan perbaikan untuk berbagai produk Apple yang berbeda, termasuk Apple Mac Family (MacBook, iMac, Mac Pro, Mac Studio, dan Mac Mini), iPhone, iPad, dan jam tangan Apple. 
iRepair adalah bagian dari @elmobsub group yang dikhususkan untuk pengerjaan Keluarga Apple Mac Series. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim spesialis toko kami di WTC Mall Lantai, No. 227, Kota Surabaya, terampil dan berpengalaman dalam memperbaiki perangkat-perangkat Apple.
Teknisi Apple kami dapat dengan cepat memberikan diagnosis dan menawarkan solusi yang terjangkau. Dengan layanan perbaikan rumah, anda tidak perlu datang ke toko kami untuk memperbaiki perangkat Apple anda – kami datang ke mana pun anda berada di Kota Surabaya.



Di iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya Kami memperbaiki semua jenis produk Apple. Ini termasuk:

  • Apple MacBook (Macbook Air, MacBook Pro, Macbook Retina, MacBook M1, dan MacBook M2)
  • Apple Mac Family (Mac Mini, Mac Studio, dan Mac Pro Super PC)
  • Apple iPad (iPad Air, iPad Pro, iPad Mini, iPad M1, dan iPad M2)
  • Apple iMac (iMac Pro, iMac Retina, iMac M1, dan iMac M2)
  • Apple iPhone (iPhone SE, 7, 8, X, 11, 12, 13, dan 14)
  • Apple iWatch (iWatch 2, 3, 4, 5, 6, dan Ultra)

Dari masalah umum biasanya meliputi layar LCD retak, baterai rusak, port pengisian daya rusak, masalah dengan kamera, speaker, dan tombol, atau masalah motherboard. iRepair memiliki kemampuan untuk mengetahui dengan cepat apa yang salah dengan perangkat Apple anda, memberikan solusi dan segera memulai perbaikan.

iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya

Service MacBook Surabaya, Service iPhone Surabaya, Service iPad Surabaya, Service iMac Surabaya, Service iWatch Surabaya, Electro Mobile Apple Service, iRepair Apple Service, Apple Service Center Surabaya
www.irepair.co.id

iRepair Premium Apple Repair Service Store is an Apple Store that provides Apple Service, Spare Parts, and Accessories needs in the Surabaya City, visit our store at:

Address


  • 📍 Store I: WTC Mall 2nd Floor, No. R-227, Surabaya City (@irepairsub)
  • 📍 Store II: WTC e-Mall 2nd Floor, No. R-816, Surabaya City (@elmobsub)


Contact


Contact Our Apple Repair Service Store, here:


Best Regards

iRepair Premium Apple Repair Service Store