Visit Our Store at WTC Mall 2nd Floor, No. 227, Surabaya City

Sebelum Membeli MacBook Bekas

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekas

Okay! Di dunia mobile computer, salah satu produk yang paling diminati dan menyandang status premium adalah MacBook dari Apple. MacBook, dalam tayangan iklan yang digagas oleh Apple dengan judul “Get a Mac”, memposisikan dirinya berbeda dibandingkan PC (dan Laptop berbasis Windows). Ia adalah komputer yang dikesankan kasual, enerjik, dan berbagai hal keren lainnya bila dibandingkan dengan PC. MacBook pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, menggantikan lini produk iBook dan PowerBook yang lebih dahulu ada. Pembaruan terakhir terjadi di tahun 2016 lalu.
Membeli Laptop MacBook Gengsi atau Spesifikasi? Well! Selain sebagai ajang gengsi, banyak orang memilih membeli laptop dengan merek Apple karena terbukti kualitasnya yang mumpuni. 
Dengan performa yang tajam, Macbook memang menjadi pilihan favorit bagi semua kalangan. Sayangnya, harga laptop Apple tersebut tak mudah dijangkau semua orang. Di artikel sebelumnya kami di irepair.co.id telah merilis artikel tentang Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Oleh Pengguna MacBook Baru. Nah, dalam artikel unggahan kali ini kami akan meberikan Infomrasi tentang Beberapa Hal yang harus diperhatikan sebelum memberli Laptop Apple MacBook Bekas. Simak terus ulasan kami berikut ini!

MacBook yang baru, menampilkan fitur Touch Bar sebagai pembeda versi terdahulunya. Tentu, versi baru tersebut juga menambahkan beberapa peningkatan. Pada tahun 2017, Apple memproyeksikan setidaknya 15 juta unit MacBook akan dikapalkan. Angka tersebut meningkat 10 persen dibandingkan angka di tahun sebelumnya. MacBook, merupakan salah satu produk Apple yang meraih sukses. Banyak orang melihat MacBook sebagai produk premium impian untuk menggantikan Laptop berbasis Windows yang mereka miliki. MacBook pun telah menjadi gaya hidup “mewah” bagi masyarakat perkotaan. Jika tidak jeli, bisa saja kamu menyesal karena salah membeli Produk Apple Bekas!

Membeli Macbook bekas merupakan salah satu solusi. Namun, apa jadinya jika kita membeli produk Apple bekas tanpa tahu hal-hal penting untuk meninjau kelayakannya? Bisa jadi, kita malah menyesalinya kemudian. Supaya gak buta saat membeli Macbook bekas, kamu perhatikan beberapa hal berikut ini ya!

1. Lakukan Apple Hardware Test (AHT) pada MacBook Bekas yang Akan Dibeli
www.irepair.co.id
Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah melakukan tes hardware Apple guna mendeteksi masalah pada logic board, memori, dan komponenperangkat keras lainnya. Caranya cukup cabut semua perangkat eksternal dan matikan Mac. Kemudian, nyalakan kembali dan tahan tombol D setelah kamu mendengar bunyi beep. Lalu, pilih bahasa yang ada dan tekan tombol panah untuk menjalankan tes.

Catatan irepair.co.id: Membeli barang elektronik bekas memang bisa jadi solusi supaya budget tak berlebih. Salah satunya adalah keputusan untuk membeli laptop high-end semacam Macbook. Jika kamu bisa pintar memilih dan memeriksa kelayakan laptop milik Apple tersebut, kamu bisa dapatkan laptop kualitas tinggi dengan harga miring, bukan?

2. Lakukan Pemeriksaan Seksama pada Cycle Count Battery pada MacBook Bekas yang Akan Dibeli
www.irepair.co.id
Pastikan kelayakan baterai dengan melihat jumlah siklus cycle count pada penggunaan laptop tersebut. Ketahanan baterai laptop adalah hal penting yang perlu cek. Apa jadinya jika kamu membeli Macbook bekas murah, namun harus mengganti baterai yang bisa memakan biaya jutaan rupiah. Di laptop Macbook sendiri, kamu bisa cek kesehatan baterai dan ketahanannya dengan mengecek cycle count.

Catatan irepair.co.id: Apple memperkirakan baterai dapat bertahan hingga 1.000 siklus cycle count. Maka, semakin sedikit siklus cycle count pada laptop, semakin baik ketahanan baterainya. Cara mengeceknya cukup klik logo Apple di sudut kiri atas dan pilih Informasi Sistem. Di jendela baru pilih "Power" dan cari cycle count.

2. Pastikan Tidak ada Dead Pixel di Layar LCD pada MacBook Bekas yang Akan Dibeli
www.irepair.co.id
Berkat ketajaman piksel yang ada pada Macbook, kadang pelanggan tak tahu menahu mengenai dead pixel atau kecacatan layar di laptop. Padalah, banyak laptop yang memiliki dead pixel meski dalam bentuk bintik-bintik kecil saja. Tentu, kamu harus teliti akan kecacatan ini, bukan?

Catatan irepair.co.id: Untuk melihat dead pixel pada layar, cukup gunakan gambar dengan latar belakang merah, hijau, biru, atau putih. Jika ada piksel yang rusak, kamu pun akan melihat bintik-bintik kecil di layar.

3. Periksa Semua Sisi Body pada MacBook Bekas yang Akan Dibeli
www.irepair.co.id
Hal ini dilaukan demi meminimalisir servis tidak resmi dari pengguna lama. Hal penting lainnya bagi pengguna Macbook bekas adalah periksa kesempurnaan body laptop. Pastikan tidak ada dent di semua sisi laptop, karena jika ada sedikit goresan saja tentu harga jual laptop tersebut akan turun drastis. Selanjutnya, periksa semua sekrup laptop.

Catatan irepair.co.id: Upaya pemeriksaan pada sleuruh body fisik Apple MacBook bekas yang akan dibeli merupakan bagian penting karena sekrup yang longgar dapat menjadi tanda bahwa Mac telah diservis oleh toko yang tidak resmi.

4. Perhatikan Nomor Serie pada MacBook Bekas yang Akan Dibeli
www.irepair.co.id
Cek kecocokan nomor seri Macbook dan garansi yang tersisa pada? Hal ini masih Sering diabaikan, nomor seri adalah aspek penting lain guna mengecek kelayakan mesin bagi calon pembeli. Bandingkan nomor seri yang ada pada permukaan mesin dengan yang ada di menu About Mac. Pastikan nomor seri yang ditunjukkan di sini sama dengan nomor yang tercetak di permukaan mesin.

Catatan irepair.co.id: Nomor seri juga merupakan aset penting untuk melacak layanan dan informasi garansi Macbook yang ingin kamu beli. Cukup buka laman checkcoverage.apple.com, lalu masukkan nomor seri di kotak input untuk memverifikasi informasi garansi pada Macbook.

5. Lakukan Pengecekan Keyboard pada MacBook Bekas yang Akan Dibeli
www.irepair.co.id
Well! The last, jangan sampai lupa melakukan tes keyboard Macbook bekasmu. Keyboard merupakan hal krusial yang harus kamu cek sebelum memutuskan membeli Macbook bekas. Caranya cukup mudah, gunakan aplikasi Text Edit bawaan dari Apple untuk memastikan keyboard yang tidak berfungsi. 

Catatan irepair.co.id: Coba lakukan pengetikan dari Tombol QWERTYUIOPASDFGHJKLZXCVBNM jangan lupa untuk memeriksa tombol 1234567890, beriktunya lakukan pemeriksaan pada tombol-tombol fungsi sperti CMD, OPT, Caps Lock, FN, Enter, DLL. Ketikkan setiap karakter keyboard dan pastikan semua keyboard berfungsi dengan sempurna.

Tambahan
www.irepair.co.id
Fitur kamera pada macbook mungkin saja jarang dipakai, tapi alangkah baiknya jika tetap melakukan pemeriksaan pada UI ini. Cek fungsi kamera Macbook Cara termudah untuk memeriksa apakah kamera pada Macbook berfungsi adalah dengan membuka Photo booth di Macbookmu. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi Facetime untuk melihat apakah kamera dalam kondisi baik. Jika kamu melihat notifikasi yang mengatakan "Tidak ada kamera yang terhubung," bisa jadi ada kerusakan pada fungsi kamera Macbookmu.

Tambahan lainnya, pastikan kejernihan audio Macbook tanpa cacat Tak diragukan lagi, salah satu aspek unggul Macbook adalah dari audionya yang jernih dan keras. Untuk itu memeriksa audio Macbook bekasmu adalah aspek penting yang tak boleh kamu lewatkan. Caranya cukup buka musik dari laptop tersebut, dan dengarkan dengan seksama kualitas audionya harus jernih dan tidak pecah. Pastikan juga tidak hanya speaker internal yang berfungsi, tetapi port headphone juga berfungsi. Setelah semua langkah di atas dilakukan, silahkan lakukan negosiasi harga, setelah deal akad jual beli, silahkan bawa pulang MacBook anda. Selamat mencoba!

iRepair Premium Apple Repair Service Store menawarkan layanan perbaikan untuk berbagai produk Apple yang berbeda, termasuk Apple Mac Family (MacBook, iMac, Mac Pro, Mac Studio, dan Mac Mini), iPhone, iPad, dan jam tangan Apple. 
iRepair adalah bagian dari @elmobsub group yang dikhususkan untuk pengerjaan Keluarga Apple Mac Series. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim spesialis toko kami di WTC Mall Lantai, No. 227, Kota Surabaya, terampil dan berpengalaman dalam memperbaiki perangkat-perangkat Apple.
Teknisi Apple kami dapat dengan cepat memberikan diagnosis dan menawarkan solusi yang terjangkau. Dengan layanan perbaikan rumah, anda tidak perlu datang ke toko kami untuk memperbaiki perangkat Apple anda – kami datang ke mana pun anda berada di Kota Surabaya.



Di iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya Kami memperbaiki semua jenis produk Apple. Ini termasuk:

  • Apple MacBook (Macbook Air, MacBook Pro, Macbook Retina, MacBook M1, dan MacBook M2)
  • Apple Mac Family (Mac Mini, Mac Studio, dan Mac Pro Super PC)
  • Apple iPad (iPad Air, iPad Pro, iPad Mini, iPad M1, dan iPad M2)
  • Apple iMac (iMac Pro, iMac Retina, iMac M1, dan iMac M2)
  • Apple iPhone (iPhone SE, 7, 8, X, 11, 12, 13, dan 14)
  • Apple iWatch (iWatch 2, 3, 4, 5, 6, dan Ultra)

Dari masalah umum biasanya meliputi layar LCD retak, baterai rusak, port pengisian daya rusak, masalah dengan kamera, speaker, dan tombol, atau masalah motherboard. iRepair memiliki kemampuan untuk mengetahui dengan cepat apa yang salah dengan perangkat Apple anda, memberikan solusi dan segera memulai perbaikan.

iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya

Service MacBook Surabaya, Service iPhone Surabaya, Service iPad Surabaya, Service iMac Surabaya, Service iWatch Surabaya, Electro Mobile Apple Service, iRepair Apple Service, Apple Service Center Surabaya
www.irepair.co.id

iRepair Premium Apple Repair Service Store is an Apple Store that provides Apple Service, Spare Parts, and Accessories needs in the Surabaya City, visit our store at:

Address


  • 📍 Store I: WTC Mall 2nd Floor, No. R-227, Surabaya City (@irepairsub)
  • 📍 Store II: WTC e-Mall 2nd Floor, No. R-816, Surabaya City (@elmobsub)


Contact


Contact Our Apple Repair Service Store, here:


Best Regards

iRepair Premium Apple Repair Service Store