Visit Our Store at WTC Mall 2nd Floor, No. 227, Surabaya City

Perbandingan Macbook Pro M1 dan Intel untuk Programmer

Macbook Pro M1 Vs Intel untuk Programmer


Macbook Pro M1

Memilih laptop yang tepat untuk pemrograman bisa menjadi keputusan yang sulit. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti kinerja, portabilitas, dan masa pakai baterai. Dalam beberapa tahun terakhir, Macbook Pro dengan chip M1 Apple telah menjadi pilihan populer bagi para programmer. Namun, Macbook Pro berbasis Intel masih merupakan pilihan yang layak.

Di artikel sebelumnya, iRepair Premium Apple Repair Service Store telah membahas masalah 7 Cara Mengatasi Masalah Baterai MacBook Pro M1Nah, dalam artikel ini, irepair.co.id akan membahas perbandingan Macbook Pro M1 dan Intel untuk programmer. Berikut ulasan selengkapnya!

Performa

Salah satu faktor terpenting bagi para programmer adalah kinerja. Chip M1 Apple didasarkan pada arsitektur ARM dan menawarkan kinerja yang signifikan peningkatan dibandingkan chip Intel sebelumnya. Ini terutama berlaku untuk tugas-tugas yang membutuhkan banyak CPU, seperti kompilasi kode dan rendering.

Benchmark menunjukkan bahwa Macbook Pro M1 dapat mengungguli Macbook Pro Intel hingga 3x untuk tugas-tugas tertentu. Ini berarti bahwa para programmer dapat menyelesaikan pekerjaan mereka lebih cepat dan lebih efisien dengan Macbook Pro M1.

Portabilitas

Faktor penting lainnya bagi para programmer adalah portabilitas. Macbook Pro M1 sangat portabel, berkat desainnya yang ramping dan ringan. Beratnya hanya 3 pound dan tebalnya hanya 0,6 inci. Ini membuatnya mudah dibawa-bawa, baik anda bekerja di kafe, ruang kerja bersama, atau di pesawat.

Macbook Pro berbasis Intel juga portabel, tetapi tidak sebanding dengan Macbook Pro M1. Model 13 inci lebih berat dan lebih tebal daripada Macbook Pro M1, dan model 16 inci bahkan lebih besar dan lebih berat.

Masa Pakai Baterai

Masa pakai baterai adalah pertimbangan penting lainnya bagi para programmer. Macbook Pro M1 memiliki masa pakai baterai yang luar biasa, hingga 20 jam sekali pengisian daya. Jadi, anda dapat bekerja sepanjang hari tanpa harus khawatir kehabisan baterai.

Macbook Pro berbasis Intel juga memiliki masa pakai baterai yang baik, tetapi tidak sebanding dengan Macbook Pro M1. Model 13 inci dapat bertahan hingga 18 jam sekali pengisian daya, sedangkan model 16 inci dapat bertahan hingga 11 jam.

Harga

Macbook Pro M1 lebih mahal daripada Macbook Pro berbasis Intel. Model 13 inci mulai dari $1.299 atau 20 jutaan Rupiah, sedangkan model 16 inci mulai dari $1.999 atau 30 jutaan Rupiah.

Model 13 inci Macbook Pro berbasis Intel mulai dari $999 atau 15 jutaan Rupiah, sedangkan model 16 inci mulai dari $2.399 atau 37 jutan Rupiah.

Kesimpulan

Macbook Pro M1 adalah pilihan yang sangat baik untuk programmer yang mencari laptop berkinerja tinggi, portabel, dan tahan lama. Namun, Macbook Pro berbasis Intel masih merupakan pilihan yang layak bagi programmer dengan anggaran terbatas.

Dari segi kinerja, portabilitas, hingga masa pakai baterai, Macbook Pro M1 lebih baik daripada 
Harga Macbook Pro M1 juga lebih mahal daripada Macbook Pro Intel. Pada akhirnya, keputusan laptop mana yang tepat untuk anda tergantung pada kebutuhan dan anggaran tentunya.

Demikian artikel dari iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya.