Visit Our Store at WTC Mall 2nd Floor, No. 227, Surabaya City

Tutorial Downgrade macOS di MacBook Pro M1

Cara Downgrade macOS di Macbook Pro M1 


Tutorial Downgrade macOS di Macbook Pro M1

iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya - Sebelum memulai, perlu ditekankan bahwa Apple tidak mendukung downgrade macOS pada perangkat Mac. Melakukan downgrade bisa berisiko dan dapat menimbulkan masalah pada performa dan kompatibilitas aplikasi. Artikel ini dimaksudkan untuk tujuan informasi dan hanya boleh dicoba oleh pengguna yang berpengalaman dan sepenuhnya memahami risiko yang terlibat.

Harap dicatat bahwa tutorial ini dapat berubah karena versi macOS dan tools yang tersedia untuk downgrade mungkin berubah seiring waktu.

Peringatan
  • Downgrade dapat menghapus semua data. Pastikan anda memiliki backup lengkap sebelum memulai.
  • Beberapa fitur dan aplikasi baru mungkin tidak berfungsi pada versi macOS yang lebih lama.
  • Ada risiko kerusakan sistem dan ketidakstabilan.
  • Kembalikan ke versi macOS terbaru mungkin tidak selalu berhasil.

Jika anda memahami risiko dan masih ingin melanjutkan, berikut adalah tutorial downgrade macOS di Macbook Pro M1.

Persiapan

  1. Backup data: Pastikan anda memiliki backup lengkap dari semua data penting sebelum memulai. Disarankan menggunakan Time Machine atau metode backup lainnya.
  2. Unduh versi macOS yang diinginkan: Unduh versi macOS yang ingin anda downgrade dari App Store. Gunakan browser web non-Safari untuk mengunduh karena Safari tidak mengizinkan download file .dmg untuk alasan keamanan.
  3. Download tools yang diperlukan: Download dan instal tools berikut:
  • Homebrew: https://brew.sh/
  • fswriter: https://github.com/typst/pdf-writer
  • Patcher: https://gist.github.com/jimmynotjim/7617722

Downgrade macOS

  1. Boot ke macOS Recovery: Nyalakan Macbook Pro M1 sambil menekan Command + R secara bersamaan.
  2. Buka Terminal: Pilih Utilities > Terminal dari menu macOS Recovery.
  3. Disable SIP (System Integrity Protection): Ketik csrutil disable dan tekan Enter. Masukkan kata sandi anda jika diminta.
  4. Mount EFI partition: Ketik diskutil list untuk melihat daftar disk dan volume. Temukan disk yang berisi macOS anda dan catat nomor identifier-nya (biasanya disk0s2). Kemudian, ketik diskutil mount -r /Volumes/EFI (ganti disk0s2 dengan nomor identifier disk anda).
  5. Backup original EFI folder: Ketik cp -r /Volumes/EFI/Apple /Volumes/EFI/Apple_original untuk membuat backup folder EFI asli.
  6. Patch EFI folder: Buka jendela Finder baru dan navigasikan ke folder Patcher yang anda download sebelumnya. Temukan patch untuk versi macOS yang diinginkan dan salin ke folder /Volumes/EFI/Apple. Ganti nama file patch menjadi ApplePatcher.efi.
  7. Restart Macbook Pro M1: Tutup Terminal dan pilih Restart dari menu macOS Recovery.


Instal Versi macOS yang Diinginkan

  1. Buka Launchpad dan cari "App Store".
  2. Temukan versi macOS yang anda download sebelumnya dan klik "Instal".
  3. Ikuti instruksi instalasi pada layar.

Enable SIP (opsional)

  1. Boot ke macOS Recovery lagi.
  2. Buka Terminal.
  3. Ketik csrutil enable dan tekan Enter. Masukkan kata sandi anda jika diminta.

Restore data

Gunakan backup yang anda buat sebelumnya untuk restore data ke versi macOS yang lebih lama. Setelah downgrade, pastikan anda memperbarui semua aplikasi ke versi yang kompatibel dengan macOS yang lebih lama. Beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi sama sekali atau memiliki fitur yang hilang.

Kesimpulan

Downgrade macOS pada Macbook Pro M1 adalah proses yang berisiko dan tidak disarankan oleh Apple. Tutorial ini dimaksudkan untuk pengguna yang berpengalaman yang mengetahui risiko dan ingin mengambil langkah sendiri. Selalu pastikan anda memiliki backup data lengkap sebelum memulai dan pertimbangkan dengan cermat apakah downgrade benar-benar diperlukan. Demikian artikel dari iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya.