Visit Our Store at WTC Mall 2nd Floor, No. 227, Surabaya City

Mengapa Upgrade RAM MacBook Pro M1 Tidak Disarankan?

Resiko Upgrade RAM MacBook Pro M1


Service MacBook Surabaya

iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya - Apple tidak mendukung upgrade RAM pada MacBook Pro M1. RAM pada MacBook Pro M1 disolder langsung ke motherboard, artinya tidak dapat dicabut dan diganti dengan modul RAM standar. Melakukan upgrade RAM sendiri selain cara resmi dari Apple sangat berisiko dan dapat menyebabkan kerusakan fatal pada perangkat anda. Apa saja itu? Berikut ulasan iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya selengkapnya!

Kerusakan Komponen

Membuka dan memodifikasi MacBook Pro M1 dapat merusak komponen internal lainnya, seperti motherboard atau baterai.


Ketidakstabilan Sistem

RAM yang tidak kompatibel atau pemasangan yang tidak sempurna dapat menyebabkan masalah seperti crash, boot loop, dan kinerja yang buruk.

Hilangnya Garansi

Membuka MacBook Pro M1 akan membatalkan garansi resmi dari Apple, sehingga anda tidak akan mendapatkan perlindungan jika terjadi kerusakan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak melakukan upgrade RAM MacBook Pro M1 sendiri. Jika anda membutuhkan lebih banyak RAM, disarankan untuk:
  • Membeli konfigurasi MacBook Pro M1 yang lebih tinggi: Model tingkat atas memiliki kapasitas RAM yang lebih besar (hingga 16GB).
  • Menggunakan solusi penyimpanan eksternal: SSD atau HDD eksternal dapat digunakan untuk menyimpan file besar yang menghabiskan banyak RAM.
  • Mengoptimalkan penggunaan RAM: Mengquit aplikasi yang tidak digunakan dan menggunakan alat manajemen RAM dapat membantu membebaskan ruang RAM.

Penutup

Jika anda tetap ingin mencoba upgrade RAM sendiri, lakukan dengan risiko ditanggung sendiri dan setelah mengetahui konsekuensi yang dijelaskan sebelumnya. Demikian artikel dari iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya.