Visit Our Store at WTC Mall 2nd Floor, No. 808, Surabaya City

Alasan MacBook Tidak Menggunakan Fitur TouchScreen

Mengapa MacBook Tidak Menggunakan Fitur Touchscreen? 


www.irepair.co.id
Teknologi layar sentuh atau touchscreen sudah ada sejak lama, namun baru mulai digunakan secara luas pada tahun 2000-an dengan semakin berkembangnya teknologi smartphone dan tablet. Apple yang sukses menggebrak pasar smartphone dengan iPhone juga berkat fitur touchscreen ini. Namun, mengapa Apple tidak terlalu serius mengembangkan touchscreen pada MacBook?

Sebelum membahasnya, kami ingatkan lagi bahwa sebelumnya iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya telah merilis artikel tentang Kelebihan Menggunakan MagSafe. Nah, dalam artikel kali ini, kami di irepair.co.id akan mengajak anda membahas penyebab MacBook tidak menggunakan fitur toucscreen. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Alasan Apple tidak Menggunakan Toucscreen pada MacBook

www.irepair.co.id
Ada beberapa alasan mengapa MacBook tidak dilengkapi dengan layar sentuh:

Fokus pada User Interface
Apple berfokus pada memberikan pengalaman pengguna yang terbaik dengan MacBook mereka. Menurut Apple, menggunakan layar sentuh pada laptop mungkin tidak nyaman atau mengganggu pengalaman pengguna yang lebih baik dengan trackpad dan keyboard fisik.

Privasi dan Keamanan
Layar sentuh dapat meningkatkan risiko privasi pengguna karena mudah meninggalkan sidik jari dan jalan pintas ke data penting. Apple berusaha untuk melindungi privasi pengguna dengan mempertahankan teknologi yang membatasi akses ke informasi sensitif.

Ketahanan dan Bobot MacBook
Layar sentuh biasanya membutuhkan lapisan khusus pada layar yang dapat menambah bobot dan mempengaruhi ketahanan layar. Dengan tidak memasang layar sentuh pada MacBook, Apple dapat mempertahankan desain yang ringan dan tahan lama.

Namun, perlu dicatat bahwa beberapa model MacBook terbaru telah dilengkapi dengan Touch Bar, sebuah panel sentuh kecil yang berada di atas keyboard dan dapat menampilkan tombol dan fungsi yang berbeda-beda tergantung pada aplikasi yang sedang digunakan. Meskipun bukan layar sentuh yang sepenuhnya, fitur ini membantu meningkatkan produktivitas dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih interaktif pada MacBook.

MacBook Apa Saja yang Menggunakan Touch Bar?

www.irepair.co.id
Apple memperkenalkan Touchbar pertama kali pada tahun 2016. Untuk laptop terbaru, anda bisa memilih MacBook Pro M2 13 Inci. Desain ringkas dengan baterai yang bisa bertahan hingga 20 jam. Selain itu ada sistem pendingin aktif untuk mempertahankan kinerja, layar Retina, kamera FaceTime HD, dan mikrofon kualitas studio. 

Sejarah Fitur Touchscreen

Pada tahun 1965, Dr. Eric Johnson dari Royal Radar Establishment di Inggris memperkenalkan konsep teknologi layar sentuh dengan menggunakan tekanan udara. Namun pada saat itu teknologi ini terlalu mahal dan rumit untuk diproduksi secara massal. 

Teknologi layar sentuh atau touchscreen sudah ada sejak lama, namun baru mulai digunakan secara luas pada tahun 2000-an dengan semakin berkembangnya teknologi smartphone dan tablet. Pada tahun 1965, Dr. Eric Johnson dari Royal Radar Establishment di Inggris memperkenalkan konsep teknologi layar sentuh dengan menggunakan tekanan udara. Namun pada saat itu teknologi ini terlalu mahal dan rumit untuk diproduksi secara massal.

Pada tahun 1971, Elographics memperkenalkan teknologi layar sentuh resistif yang menggunakan dua lapisan konduktif yang saling bersentuhan dan berada di atas lapisan film resistif. Teknologi ini masih digunakan pada beberapa perangkat hingga saat ini. Di tahun yang sama, Dr. Samuel Hurst dari University of Kentucky memperkenalkan teknologi layar sentuh kapasitif yang menggunakan medan listrik. Teknologi ini lebih responsif dan tahan lama dibandingkan dengan teknologi resistif.

Pada tahun 2010, Apple memperkenalkan teknologi layar sentuh capacitance grid pada perangkat iPad yang dapat mengenali beberapa sentuhan sekaligus dengan menggunakan jaringan elektroda kapasitif pada lapisan permukaan layar. Dari sejarah singkat di atas, kita dapat melihat bagaimana perkembangan teknologi touchscreen terus berlanjut hingga saat ini dengan adanya inovasi-inovasi baru yang membuat teknologi ini semakin baik dan dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat elektronik.

Penutup
Well, ada rumor Apple merancang MacBook dengan layar sentuh yang akan dirilis tahun 2025. Namun belum ada informasi pasti soal hal ini dan ada kemungkinan rencana bisa berubah. Kita tunggu saja apakah Apple benar-benar merealisasikan fitur touchscreen pada MacBook terbarunya. Pihak Apple sendiri menolak berkomentar soal kabar MacBook touchscreen ini.
iRepair Premium Apple Repair Service Store menawarkan layanan perbaikan untuk berbagai produk Apple yang berbeda, termasuk Apple Mac Family (MacBook, iMac, Mac Pro, Mac Studio, dan Mac Mini), iPhone, iPad, dan jam tangan Apple. 
iRepair adalah bagian dari @elmobsub group yang dikhususkan untuk pengerjaan Keluarga Apple Mac Series. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim spesialis toko kami di WTC Mall Lantai, No. 227, Kota Surabaya, terampil dan berpengalaman dalam memperbaiki perangkat-perangkat Apple.
Teknisi Apple kami dapat dengan cepat memberikan diagnosis dan menawarkan solusi yang terjangkau. Dengan layanan perbaikan rumah, anda tidak perlu datang ke toko kami untuk memperbaiki perangkat Apple anda – kami datang ke mana pun anda berada di Kota Surabaya.



Di iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya Kami memperbaiki semua jenis produk Apple. Ini termasuk:

  • Apple MacBook (Macbook Air, MacBook Pro, Macbook Retina, MacBook M1, dan MacBook M2)
  • Apple Mac Family (Mac Mini, Mac Studio, dan Mac Pro Super PC)
  • Apple iPad (iPad Air, iPad Pro, iPad Mini, iPad M1, dan iPad M2)
  • Apple iMac (iMac Pro, iMac Retina, iMac M1, dan iMac M2)
  • Apple iPhone (iPhone SE, 7, 8, X, 11, 12, 13, dan 14)
  • Apple iWatch (iWatch 2, 3, 4, 5, 6, dan Ultra)

Dari masalah umum biasanya meliputi layar LCD retak, baterai rusak, port pengisian daya rusak, masalah dengan kamera, speaker, dan tombol, atau masalah motherboard. iRepair memiliki kemampuan untuk mengetahui dengan cepat apa yang salah dengan perangkat Apple anda, memberikan solusi dan segera memulai perbaikan.

iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya

Service MacBook Surabaya, Service iPhone Surabaya, Service iPad Surabaya, Service iMac Surabaya, Service iWatch Surabaya, Electro Mobile Apple Service, iRepair Apple Service, Apple Service Center Surabaya
www.irepair.co.id

iRepair Premium Apple Repair Service Store is an Apple Store that provides Apple Service, Spare Parts, and Accessories needs in the Surabaya City, visit our store at:

Address


  • 📍 Store I: WTC Mall 2nd Floor, No. R-227, Surabaya City (@irepairsub)
  • 📍 Store II: WTC e-Mall 2nd Floor, No. R-816, Surabaya City (@elmobsub)


Contact


Contact Our Apple Repair Service Store, here:


Best Regards

iRepair Premium Apple Repair Service Store