Visit Our Store at WTC Mall 2nd Floor, No. 227, Surabaya City

5 Cara Mengatasi Masalah Backlight Keyboard MacBook Mati

Cara Mengatasi Masalah Backlight Keyboard MacBook Mati

Apple memperkenalkan backlight keyboard pertama pada MacBook Pro generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2006. Sejak itu, hampir semua model MacBook memiliki backlight keyboard, termasuk MacBook Air dan MacBook standar. Namun, ada beberapa model MacBook yang tidak memiliki backlight keyboard, seperti MacBook White generasi awal yang diluncurkan sebelum MacBook Pro pertama.

Ada beberapa masalah yang terjadi keyboard MacBook seperti backlight atau backlight yang tidak mau menyala. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Sebelum membahasnya, kami ingatkan lagi bahwa sebelumnya iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya telah merilis artikel tentang Tips Agar Baterai MacBook Awet. Nah, dalam artikel kali ini, kami di irepair.co.id akan mengajak anda membahas cara mengatasi masalah backlight keyboard MacBook mati. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Cara Mengatasi Masalah Backlight Keyboard MacBook yang Mati

Jika 
backlight keyboard MacBook anda mati, ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah tersebut.
  1. Periksa pengaturan keyboardPastikan bahwa pengaturan keyboard pada MacBook sudah benar. Anda dapat memeriksa pengaturan keyboard dengan membuka System Preferences dan kemudian pilih Keyboard. Pastikan opsi "Adjust keyboard brightness in low light" tidak diaktifkan.
  2. Aktifkan backlight keyboard: Coba tekan tombol F6 atau F5 pada keyboard MacBook untuk mengatur kecerahan backlight keyboard. Pastikan bahwa kecerahan tidak diatur pada level minimum. Jika backlight tidak menyala, coba tekan tombol F6 atau F5 dengan menekan tombol Fn secara bersamaan.
  3. Periksa baterai: Pastikan bahwa baterai MacBook anda sudah terisi penuh. Jika baterai sudah lemah, backlight keyboard mungkin tidak menyala. Sambungkan MacBook anda ke adaptor daya dan biarkan baterai mengisi penuh.
  4. Restart MacBook: Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, coba restart MacBook anda. Beberapa masalah kecil dapat diatasi dengan restart.
  5. Periksa backlight keyboard secara fisik: Jika masalah masih belum teratasi, periksa backlight keyboard secara fisik. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel di antara tombol keyboard dan backlight. Bersihkan area tersebut dengan kain yang lembut dan kering.

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kemungkinan besar ada masalah hardware dengan MacBook anda. Dalam hal ini, sebaiknya anda membawa MacBook ke toko Apple terdekat atau ke 
layanan servis MacBook untuk diperiksa dan diperbaiki.

Cara Merawat Agar Backlight Keyboard MacBook tidak Mati

Berikut beberapa tips untuk merawat agar 
backlight keyboard MacBook tetap menyala:
  • Matikan backlight ketika tidak digunakan: Jika anda tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, matikan backlight untuk menghemat daya baterai.
  • Atur kecerahan: Sesuaikan kecerahan backlight keyboard MacBook dengan kondisi lingkungan sekitar. Saat digunakan di ruangan yang terang, anda mungkin dapat menurunkan kecerahan untuk menghemat daya baterai.
  • Hindari debu dan kotoran: Bersihkan area sekitar keyboard MacBook secara teratur untuk mencegah debu dan kotoran menumpuk di sekitar tombol. Debu dan kotoran dapat memblokir cahaya dari backlight keyboard, sehingga membuatnya sulit untuk terlihat.
  • Jangan menekan tombol keyboard terlalu keras: Menekan tombol keyboard terlalu keras dapat merusak saklar di bawahnya dan mengurangi umur backlight keyboard.
  • Jaga suhu dan kelembaban: Hindari mengekspos MacBook ke suhu dan kelembaban ekstrem. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja MacBook secara keseluruhan, termasuk backlight keyboard.

Dengan merawat keyboard MacBook dengan baik, 
backlight keyboard akan tetap menyala dan dapat bertahan lama.

Penutup
Well, itulah 
beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah backlight keyboard MacBook yang mati. Namun, jika masalah terus berlanjut, penting untuk membawa MacBook ke tempat servis terdekat untuk diperiksa. Jika anda mengalami masalah dengan keyboard MacBook, sebaiknya bawa MacBook ke layanan servis MacBook terpercaya. Semoga artikel ini membantu anda mengatasi masalah backlight keyboard MacBook anda yang tidak menyala. Sampai jumpa di artikel iRepair Surabaya berikutnya.
iRepair Premium Apple Repair Service Store menawarkan layanan perbaikan untuk berbagai produk Apple yang berbeda, termasuk Apple Mac Family (MacBook, iMac, Mac Pro, Mac Studio, dan Mac Mini), iPhone, iPad, dan jam tangan Apple. 
iRepair adalah bagian dari @elmobsub group yang dikhususkan untuk pengerjaan Keluarga Apple Mac Series. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim spesialis toko kami di WTC Mall Lantai, No. 227, Kota Surabaya, terampil dan berpengalaman dalam memperbaiki perangkat-perangkat Apple.
Teknisi Apple kami dapat dengan cepat memberikan diagnosis dan menawarkan solusi yang terjangkau. Dengan layanan perbaikan rumah, anda tidak perlu datang ke toko kami untuk memperbaiki perangkat Apple anda – kami datang ke mana pun anda berada di Kota Surabaya.



Di iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya Kami memperbaiki semua jenis produk Apple. Ini termasuk:

  • Apple MacBook (Macbook Air, MacBook Pro, Macbook Retina, MacBook M1, dan MacBook M2)
  • Apple Mac Family (Mac Mini, Mac Studio, dan Mac Pro Super PC)
  • Apple iPad (iPad Air, iPad Pro, iPad Mini, iPad M1, dan iPad M2)
  • Apple iMac (iMac Pro, iMac Retina, iMac M1, dan iMac M2)
  • Apple iPhone (iPhone SE, 7, 8, X, 11, 12, 13, dan 14)
  • Apple iWatch (iWatch 2, 3, 4, 5, 6, dan Ultra)

Dari masalah umum biasanya meliputi layar LCD retak, baterai rusak, port pengisian daya rusak, masalah dengan kamera, speaker, dan tombol, atau masalah motherboard. iRepair memiliki kemampuan untuk mengetahui dengan cepat apa yang salah dengan perangkat Apple anda, memberikan solusi dan segera memulai perbaikan.

iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya

Service MacBook Surabaya, Service iPhone Surabaya, Service iPad Surabaya, Service iMac Surabaya, Service iWatch Surabaya, Electro Mobile Apple Service, iRepair Apple Service, Apple Service Center Surabaya
www.irepair.co.id

iRepair Premium Apple Repair Service Store is an Apple Store that provides Apple Service, Spare Parts, and Accessories needs in the Surabaya City, visit our store at:

Address


  • 📍 Store I: WTC Mall 2nd Floor, No. R-227, Surabaya City (@irepairsub)
  • 📍 Store II: WTC e-Mall 2nd Floor, No. R-816, Surabaya City (@elmobsub)


Contact


Contact Our Apple Repair Service Store, here:


Best Regards

iRepair Premium Apple Repair Service Store