Visit Our Store at WTC Mall 2nd Floor, No. 227, Surabaya City

Penyebab MacBook Mengalami Mati Total

Penyebab MacBook Mengalami Mati Total


Okay! Saat Mac anda tidak mau hidup, ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mencoba membuatnya dapat dioperasikan kembali. Paling tidak, anda mungkin dapat mengisolasi apa yang menyebabkan masalah, meskipun anda tidak memiliki alat atau keahlian untuk menyelesaikannya sendiri. Okay, di artikel sebelumnya kami di iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya telah merilis artikel tentang Tips Sebelum Memutuskan Untuk Membeli MacBook. Nah, dalam artikel kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui beberapa penyebab yang menjadikan MacBook mengalami mati total dan Juga Solusinya. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Apa yang Harus Dilakukan Saat MacBook Tidak Menyala?

Jika anda tidak dapat menyalakan MacBook sama sekali, sebaiknya mulai dengan memastikan kotak paling dasar dicentang: sambungan daya. Itu adalah tautan penting dalam rantai, tetapi itu bukan satu-satunya penyebab yang mungkin. Jika MacBook anda adalah laptop, baterai bisa menjadi sumber masalahnya. Jika MacBook anda kepanasan, hal itu juga dapat mencegahnya untuk menyala.

1. Periksa Sambungan Daya
Mulailah dengan menjiplak semua kabel daya ke kedua ujungnya untuk mengonfirmasi bahwa keduanya terhubung dengan kuat ke daya dan bagian belakang MacBook anda. Seharusnya tidak ada benda apa pun di antara konektor daya dan salah satu titik sambungannya di MacBook anda, adaptor daya, atau soket daya. Hapus apa pun yang dapat mengurangi integritas koneksi.

Pada MacBook portabel, blok daya dapat melorot atau terlepas dari soket daya yang terpasang di dinding. Ini sangat bermasalah jika menyangkut adaptor dua cabang, yang dapat cepat aus berdasarkan penggunaan. Cabut dan pasang kembali semuanya untuk memastikan koneksi aman.

2. Cari Masalah Koneksi Umum
Pastikan stop kontak berfungsi. Colokkan lampu ke stopkontak yang sama. Jika lampu tidak mau menyala, komputer anda juga tidak. Sekarang, anda memecahkan masalah stopkontak, yang merupakan tugas yang sama sekali berbeda.

Strip daya atau ekspander stopkontak dapat dimatikan atau terbakar. Kadang-kadang, sekering internal mereka mati, atau kabel atau elektronik yang mendasarinya gagal. Lepaskan perangkat ini dari rangkaian daya dan colokkan komputer Apple anda langsung ke stopkontak dinding. Jika berhasil, anda hanya perlu mengganti soket ekstensi atau ekspander stopkontak.

3. Pastikan Steker Listrik Sudah Di-ground
Ada kemungkinan besar kabel daya anda memiliki konektor bercabang tiga yang diarde. Jika ya, pastikan sudah dicolokkan ke stopkontak yang mendukung konektor bercabang tiga. Orang-orang diketahui menghindari hal ini dengan melepas pin pentanahan ketiga. Ya, meskipun kabel daya anda mungkin masih berfungsi tanpa pin arde ketiga di bagian bawah, ini berbahaya, baik untuk anda maupun komputer anda. 

Dengan banyak gaya colokan internasional, tidak mungkin menemukan cara untuk menonaktifkan pin ground; betapa buruknya ide itu. Menggunakan colokan cheater atau melepas pin ground secara fisik mungkin berhasil pada awalnya, tetapi anda akan membatasi masa pakai perangkat anda, dan itu tidak akan memperbaiki masalah apa pun.

4. Periksa Apakah Baterai MacBook Berfungsi Dengan Baik
Bahkan saat MacBook portabel anda tidak terhubung ke stopkontak, banyak hal yang bisa salah. Baterai MacBook adalah sumber daya terpisah yang memerlukan pendekatan berbeda. Jika baterai MacBook anda bengkak atau "kembung" sama sekali, merusak bagian belakang laptop, segera hentikan penggunaan perangkat anda. Matikan dan jangan hidupkan kembali. Ada kemungkinan baterai bisa meledak, menyebabkan kebakaran. Jauhkan laptop dari benda yang mudah terbakar. Bawa MacBook ke teknisi servis resmi untuk mengganti baterai dan mengatasi kerusakan yang ditimbulkannya.

Penyebab paling mungkin dari masalah daya adalah baterai mati. Saat daya baterai MacBook anda sangat rendah, komputer beralih ke mode siaga untuk mencegah hilangnya pekerjaan anda. Ketika listrik kembali menyala, begitu juga perangkat anda. Namun, mungkin perlu beberapa saat untuk mengisi daya baterai. Hubungkan MacBook anda ke stopkontak yang anda yakin berfungsi dan tunggu setidaknya 10 menit sebelum mencoba Mac anda dengan daya baterai lagi. MacBook mungkin menampilkan layar hitam selama ini, dan itu tidak masalah. Mungkin juga menampilkan ikon baterai mati, yang bahkan lebih baik. Indikator itu hilang setelah anda mengisi baterai MacBook.

5. Kemungkinan Terjadinya Kegagalan Baterai
Jika anda mencoba mengisi baterai dan tidak terjadi apa-apa, kemungkinan baterai di MacBook anda gagal dan tidak dapat diisi sama sekali. Jika baterai mengalami kekerasan fisik, sengatan listrik, infiltrasi air, atau kerusakan lainnya, anda mungkin memiliki pemberat kertas lithium-ion di tangan anda. 

Di MacBook dengan baterai yang dapat diganti pengguna, ganti baterai dengan unit fungsional untuk memastikan tidak ada yang salah dengan bagian laptop lainnya. Apple berhenti menggunakan baterai yang dapat dilepas di laptopnya pada tahun 2012. Jika baterai MacBook anda tidak dapat diganti oleh pengguna, periksa teknologi Apple, baik di Apple Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple.

Tambahan
www.irepair.co.id
Kerusakan Berat - Kerusakan pada Konektor Daya atau Papan Logika (Logic Board Mesin)
Dengan MacBook anda terhubung ke stopkontak, periksa lampu status (tersedia di beberapa Mac) yang menunjukkan sambungan daya. Jika itu menunjukkan kuning, baterai sedang diisi. Jika menunjukkan hijau, baterai terisi penuh. Jika tidak menunjukkan apa-apa, perangkat tidak dapat melaporkan status baterainya, mungkin karena kerusakan perangkat keras pada konektor daya atau papan logika. Hal ini paling umum terjadi saat MacBook mengalami kerusakan air, tetapi banyak jenis kerusakan fisik, termasuk kerusakan listrik
www.irepair.co.id
Ada beberapa masalah yang umum yang dapat menyebabkan MacBook mati total, seperti baterai yang lemah, masalah pada port USB, masalah pada perangkat keras, atau masalah software. Kami sarankan untuk memeriksa semua hal tersebut secara bertahap untuk mencari tahu penyebabnya. benturan keras atau benda tumpul, dapat menyebabkan hal ini terjadi. Dalam kasus ini, anda perlu membawa MacBook untuk diperbaiki di Apple Repair Service Store terdekat di Kota anda.

Penutup
Komputer Apple memiliki perlindungan bawaan terhadap panas berlebih. Jika termostat internal perangkat mendeteksi suhu di luar rentang pengoperasian yang aman, perangkat dapat dimatikan atau masuk ke status ditangguhkan. Ini melindungi elektronik internal perangkat, dan anda tidak boleh mencoba menghindarinya. Kisaran kenyamanan ideal MacBook adalah 62º hingga 72º F. Suhu lingkungan apa pun di atas 95º F (35º C) terlalu panas untuk Mac anda. Jika MacBook terasa lebih panas dari biasanya, pindahkan ke area yang lebih dingin. Anda ingin mendinginkan perangkat sebaik mungkin. Jauhkan komputer dari sinar matahari langsung. Untuk laptop, lepaskan perangkat dari benda lunak seperti sofa, tempat tidur, atau bantal, karena benda-benda ini menahan panas dan dapat menyebabkan beban panas yang dramatis di dalam MacBook.
www.irepair.co.id
Jika memungkinkan, berikan jarak satu inci di bawah MacBook anda untuk memungkinkan udara bersirkulasi. Jika tidak memungkinkan, letakkan komputer anda di permukaan yang keras dengan engsel terbuka dan keyboard serta monitor menghadap ke atas meja untuk memberikan ruang kosong di sekitar laptop untuk sirkulasi udara. MacBook dibuat untuk menghilangkan panas ekstra, jadi pendinginan pasif akan membuat perangkat aktif dan bekerja dengan cepat. Mengipasi perangkat kemungkinan tidak diperlukan dan dapat meniup puing-puing ke keyboard halus MacBook Pro yang lebih baru. Mac Menyala tetapi Tidak Bisa Booting? Jika MacBook anda menyala tetapi tidak menyelesaikan proses boot, itu masalah yang berbeda. Anda harus fokus pada tip pemecahan masalah untuk masalah pengaktifan Mac.
www.irepair.co.id
Apakah anda sudah melakukan semua tips di atas? Jika Tidak ada Yang Berhasil? Mungkin tidak ada yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki komputer anda sendiri. Jika tidak ada langkah pemecahan masalah di sini yang menghasilkan lebih banyak informasi atau solusi, bawa MacBook anda ke profesional. Apple Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple dapat membantu anda. Mereka memiliki alat diagnostik yang lebih canggih daripada pengguna rumahan standar atau penggemar komputer. Mereka juga dapat memberikan analisis terperinci dan merekomendasikan tindakan, apakah itu perbaikan, penggantian, atau pemulihan data.
iRepair Premium Apple Repair Service Store menawarkan layanan perbaikan untuk berbagai produk Apple yang berbeda, termasuk Apple Mac Family (MacBook, iMac, Mac Pro, Mac Studio, dan Mac Mini), iPhone, iPad, dan jam tangan Apple. 
iRepair adalah bagian dari @elmobsub group yang dikhususkan untuk pengerjaan Keluarga Apple Mac Series. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim spesialis toko kami di WTC Mall Lantai, No. 227, Kota Surabaya, terampil dan berpengalaman dalam memperbaiki perangkat-perangkat Apple.
Teknisi Apple kami dapat dengan cepat memberikan diagnosis dan menawarkan solusi yang terjangkau. Dengan layanan perbaikan rumah, anda tidak perlu datang ke toko kami untuk memperbaiki perangkat Apple anda – kami datang ke mana pun anda berada di Kota Surabaya.



Di iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya Kami memperbaiki semua jenis produk Apple. Ini termasuk:

  • Apple MacBook (Macbook Air, MacBook Pro, Macbook Retina, MacBook M1, dan MacBook M2)
  • Apple Mac Family (Mac Mini, Mac Studio, dan Mac Pro Super PC)
  • Apple iPad (iPad Air, iPad Pro, iPad Mini, iPad M1, dan iPad M2)
  • Apple iMac (iMac Pro, iMac Retina, iMac M1, dan iMac M2)
  • Apple iPhone (iPhone SE, 7, 8, X, 11, 12, 13, dan 14)
  • Apple iWatch (iWatch 2, 3, 4, 5, 6, dan Ultra)

Dari masalah umum biasanya meliputi layar LCD retak, baterai rusak, port pengisian daya rusak, masalah dengan kamera, speaker, dan tombol, atau masalah motherboard. iRepair memiliki kemampuan untuk mengetahui dengan cepat apa yang salah dengan perangkat Apple anda, memberikan solusi dan segera memulai perbaikan.

iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya

Service MacBook Surabaya, Service iPhone Surabaya, Service iPad Surabaya, Service iMac Surabaya, Service iWatch Surabaya, Electro Mobile Apple Service, iRepair Apple Service, Apple Service Center Surabaya
www.irepair.co.id

iRepair Premium Apple Repair Service Store is an Apple Store that provides Apple Service, Spare Parts, and Accessories needs in the Surabaya City, visit our store at:

Address


  • 📍 Store I: WTC Mall 2nd Floor, No. R-227, Surabaya City (@irepairsub)
  • 📍 Store II: WTC e-Mall 2nd Floor, No. R-816, Surabaya City (@elmobsub)


Contact


Contact Our Apple Repair Service Store, here:


Best Regards

iRepair Premium Apple Repair Service Store