Visit Our Store at WTC Mall 2nd Floor, No. 227, Surabaya City

Cara Menghapus File Other di MacBook

Cara menghapus Penyimpanan lain di MacBook



www.irepair.co.id
Butuh lebih banyak ruang di MacBook nda? Ingin tahu apa yang menghabiskan begitu banyak ruang? Ingin menghapus Lainnya? Kami punya jawabannya! Plus mengapa Apple tidak lagi memiliki Lainnya sejak macOS Monterey. Ruang penyimpanan di Mac anda sangat berharga, terutama jika anda memiliki 128GB, atau bahkan SSD 256GB. Mac anda dapat mulai melambat dan tidak berfungsi dengan baik saat penyimpanan anda hampir penuh, pada saat itu anda mungkin melihat peringatan "Disk Startup anda Penuh". Jadi, penting untuk mengetahui apa yang menghabiskan ruang di disk anda dan menghapus file berlebihan yang menumpuk seiring waktu. Di artikel sebelumnya kami di iRepair Premium Apple Repair Service Store telah merilis artikel tentang Cara Memulihkan Password MacBook yang Lupa. Nah, dalam artikel unggahan kali ini kami akan membagikan informasi tentang Cara Menghapus File di Penyimpanan Lain di MacBook. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Kenapa User MacBook Membutuhkan Ruang Memory Lebih?
Alasan lain anda mungkin perlu mengosongkan ruang di Mac anda adalah jika anda mencoba memasang pembaruan macOS. Ketika tiba di tahun 2020, Big Sur terkenal karena kebutuhan penyimpanannya yang besar – dengan beberapa pengguna menghadapi tantangan untuk mengosongkan hampir 50GB ruang untuk menginstalnya. (Faktanya Kami memiliki masalah yang sama – baca Big Sur terlalu besar untuk Mac 128GB.)

Jadi, jika saat menyelidiki apa yang menghabiskan begitu banyak ruang penyimpanan anda yang berharga, anda menemukan bagian misterius berlabel Lainnya, anda mungkin berpikir itu terdengar seperti cara yang bagus untuk mendapatkan kembali ruang puluhan gigabyte di drive anda. Lagi pula, Lainnya hanyalah 'barang' bukan? Itu adalah nama yang berteriak "Hapus saya!" Itu tidak bisa menjadi apa pun yang benar-benar anda butuhkan, atau dapatkah itu?

Baiklah, jika anda bertanya-tanya apa itu Lainnya di penyimpanan Mac dan ingin tahu apakah anda dapat menghapus penyimpanan Lainnya – dan jika perlu, kami akan menjawab pertanyaan nda. Selain itu, kami akan menjelaskan bagaimana anda dapat mengurangi jumlah ruang yang digunakan Lainnya di Mac anda dan apa yang dapat anda hapus dari penyimpanan Lainnya di Mac. Kami juga menjalankan berbagai cara untuk mengosongkan ruang di Mac anda di artikel terpisah. Jika anda tidak yakin cara melihat berapa banyak ruang disk yang telah dibaca Mac anda: Cara memeriksa berapa banyak penyimpanan yang anda miliki di Mac anda.

Bagaimana Sistem Penyimpanan MacBook Bekerja?

www.irepair.co.id
Lainnya dan Sistem? Sebelum kita mulai, ada pertanyaan apakah anda akan melihat Lainnya sebagai kategori penyimpanan. Sebelum macOS Monterey jika anda mengeklik logo Apple > Tentang Mac Ini > Penyimpanan, anda akan melihat bagan batang berlabel berbagai kategori data – salah satunya adalah Lainnya. Namun, macOS Monterey membawa perubahan besar pada cara macOS menampilkan berbagai jenis penyimpanan. Di Monterey daripada Lainnya, anda akan menemukan daftar untuk macOS dan Data Sistem di kerangka penyimpanan anda. Di macOS Ventura anda juga akan melihat Data Sistem dan macOS. Kami membahas cara menghapus data Sistem di Mac secara terpisah.

Pada dasarnya isi folder Lain kini telah dikelompokkan bersama dengan folder Sistem dan Data Sistem yang mungkin anda temukan di mesin dengan sistem operasi yang lebih baru. Sementara Apple telah beralih dari Big Sur dan sistem operasi yang lebih lama, banyak orang masih menjalankannya dan oleh karena itu mencari cara untuk menghapus Penyimpanan lain, jadi dalam artikel ini kami akan membahas cara menghapus Penyimpanan lain, dan kami juga hal-hal yang dapat anda hapus di macOS Monterey jika anda merasa ada sesuatu yang menghabiskan terlalu banyak ruang.

Kami juga membahas Cara menghapus Lainnya di iPhone secara terpisah. Temukan sampah tersembunyi dan kosongkan penyimpanan "Lainnya" yang tak terlihat. Temukan folder lama yang besar, aplikasi latar belakang, dan konsumen memori yang berat. Gunakan CleanMyMac X untuk mengosongkan ruang di Mac anda dan menyetelnya untuk kecepatan maksimum. Versi baru secara efektif memblokir adware, pop-up browser, dan ekstensi virus.

Apa yang ada di Penyimpanan lain di MacBook?
www.irepair.co.id
Ketika dihadapkan dengan kebutuhan untuk mengosongkan penyimpanan di Mac anda, kami menduga bahwa panggilan pertama anda adalah Tentang Mac Ini, di mana ada alat praktis untuk membantu anda mengelola penyimpanan anda – dan di sinilah kami berasumsi anda melihatnya kategori lain raksasa. Tampilan penyimpanan Tentang Mac Ini memberi kami beberapa petunjuk tentang apa yang tidak ada dalam kategori Lainnya karena memberi kami gambaran dasar tentang apa yang menghabiskan ruang di Mac anda termasuk Foto, Aplikasi, Pesan, Musik, dan sebagainya. Berikut cara mendapatkan tampilan tersebut:

  • Klik Logo Apple di kiri atas.
  • Buka Tentang Mac Ini.
  • Pilih Penyimpanan.
  • Tunggu sementara itu menghitung.

Akhirnya anda akan melihat bagan batang yang menunjukkan jenis file apa yang menghabiskan ruang di Mac anda, mirip dengan gambar di bawah. Dalam kasus kami, kuning adalah Foto, merah adalah Aplikasi, biru muda adalah Pesan, ungu adalah Musik, biru tua untuk Mail, biru muda untuk iCloud Drive, dan abu-abu untuk Sistem. Lainnya adalah konsumen penyimpanan terbesar dalam kasus kami: 38,55GB.

Hapus Penyimpanan Lainnya? Klik Kelola dan anda akan melihat layar seperti di bawah ini. Di sini anda dapat melakukan berbagai penyesuaian pada sistem anda, memilih untuk menyimpan file di iCloud, misalnya, atau meninjau file untuk mengurangi kekacauan.

Kamu juga bisa Make penyesuaian di berbagai bagian penyimpanan, termasuk Aplikasi, Dokumen, iCloud, Mail, Pesan, dll hanya dengan mengkliknya lalu menghapus data yang disajikan kepada anda. Apa penyimpanan lain di mac: Mengelola ruang disk Mac? Namun, anda sama sekali tidak dapat mengakses Lainnya di sini – perhatikan bagaimana itu berwarna abu-abu di kolom sebelah kiri. Dengan Other, konsumen penyimpanan yang begitu besar, anda kemungkinan besar bertanya-tanya apa sebenarnya Other itu. Jika bukan musik, dokumen, video, foto, atau aplikasi, apa itu?

Label 'Lainnya' diterapkan oleh sistem ke file yang tidak sesuai dengan jenis tersebut, seperti paket penginstal, file cache, cadangan Time Machine lama, ekstensi aplikasi, file sementara, dan sejenisnya. Sebagian besar adalah yang tidak anda butuhkan lagi, tetapi harus disimpan di suatu tempat, sehingga dibuang ke kategori Lainnya.

Cara melihat apa yang ada di Lainnya
www.irepair.co.id
Jadi sekarang kita tahu jenis file apa yang berakhir di Lainnya, tetapi bagaimana kita bisa benar-benar melihat apa yang menghabiskan semua ruang Lainnya di Mac kita? Untuk melihat apa yang menggunakan semua ruang Lainnya itu, anda harus membuka Finder dan menuju ke folder Perpustakaan, karena biasanya di situlah sebagian besar konten Lainnya disimpan. 

Ini semua, bergantung pada bagaimana sistem anda diatur, anda mungkin tidak dapat melihat folder Library di jendela Finder normal anda, jadi cara termudah untuk melompat langsung ke sana adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Find.
  • Klik opsi Go di bilah menu.
  • Pilih Buka Folder.
  • Kemudian ketik ~/library dan tekan enter.
  • Apa penyimpanan lain di Mac: Menemukan folder Library

Anda sekarang akan disajikan dengan daftar folder yang panjang, yang sebagian besar akan berisi file yang dianggap oleh macOS sebagai Lainnya. Anda akan melihat banyak folder, banyak di antaranya kami sarankan untuk segera menjauh. Namun ada beberapa folder di sini yang anda mungkin dapat menghapus beberapa item dengan aman, misalnya, Cache dan Dukungan Aplikasi. Tetapi anda harus sangat berhati-hati saat mencari-cari sub-folder di dalamnya yang berisi data yang aman untuk dihapus. (Anda mungkin juga ingin membaca artikel kami yang menjelaskan Cara menghapus cache di Mac.)

Sebelum anda mulai menghapus apa pun, harap baca terus – karena menghapus beberapa file ini dapat memengaruhi cara kerja Mac anda! Selain itu, tidak semua file di Other akan terlihat. Jika anda ingin tahu cara melihat file tersembunyi, baca: Cara menampilkan file tersembunyi di Mac.

Bisakah saya menghapus file dari Lainnya?
www.irepair.co.id
Ya, tetapi anda harus berhati-hati. Beberapa file di Lainnya mungkin memengaruhi cara kerja Mac anda. File teraman di kategori Lainnya untuk di-remote adalah hal-hal seperti file .dmg yang tersisa dari penginstalan, cadangan Time Machine lama, dan cadangan iPhone dan iPad. Kami akan membahas ini di bawah. 

Tetapi ketika anda mulai masuk ke file cache dan jenis lain yang lebih tumpul, anda dapat dengan cepat mengalami masalah. Misalnya, menghapus cache dari aplikasi lama yang sudah tidak anda miliki tidak akan menimbulkan masalah. Tetapi jika anda menghapus satu dari aplikasi yang anda gunakan, maka itu akan segera melupakan semua preferensi anda dan detail lainnya.

Pada dasarnya, aturan praktisnya adalah jika anda tidak yakin apa itu atau apa fungsinya, biarkan saja. Tentu saja, seperti biasa, kami sangat menganjurkan agar anda menjalankan pencadangan lengkap sistem anda sebelum mulai menghapus apa pun, hanya untuk menghindari bencana.

Cukup ikuti panduan langkah demi langkah kami tentang cara mencadangkan Mac dan anda dapat mulai membersihkan sistem anda dengan mengetahui bahwa anda memiliki salinan untuk digunakan kembali jika terjadi kesalahan.

Adakah Cara Untuk Menghapus File Other?
www.irepair.co.id
Seperti yang kami katakan di atas, anda tidak bisa hanya memilih Lainnya dan menghapusnya sehingga mendapatkan kembali ruang 30GB sekaligus. Namun, anda dapat menemukan dan menghapus beberapa jenis file yang Apple kelaskan dalam kategori Lainnya, sehingga mendapatkan kembali sebagian dari ruang tersebut.

Anda dapat menghapus beberapa file yang digolongkan sebagai Lainnya melalui Finder. Beberapa di antaranya dapat anda cari berdasarkan jenis file, tetapi yang lain dapat ditemukan di folder Perpustakaan, tetapi anda harus tahu di mana mencarinya dan mengetahui apa itu sebelum anda membuangnya. Ada juga beberapa jenis file yang mudah ditemukan dan dihapus dengan aman, jadi kami akan mulai dengan menunjukkan cara menanganinya.
Semua file ini dihapus dengan cara yang sama seperti file biasa: temukan di Finder > klik kanan pada file > pilih Pindahkan ke Sampah (atau Bin jika Anda berada di Inggris Raya)

Perhatikan bahwa anda harus mengosongkan Sampah setelahnya atau file tersebut akan tetap ada di Mac anda. Untuk melakukannya, klik kanan/klik kontrol pada ikon tempat sampah dan pilih Kosongkan Sampah.

Langkah 1: Hapus file DMG dan space hog lainnya
Sangat mudah untuk menemukan dan menghapus file DMG (penginstal program) dan ini adalah tempat yang baik untuk memulai karena file tersebut dapat menghabiskan banyak ruang. Anda dapat menemukan dan menghapusnya melalui Finder.

  • Klik pada Desktop anda (di mana pun tidak ada file atau folder)
  • Buka Pencari.
  • Klik pada Mac Ini.
  • Di kotak pencarian ketik dmg.
  • Ketika muncul di bawah pilih Kinds: Disk Image.
  • Tekan enter.
  • Sekarang anda akan melihat semua dmg yang anda miliki di Mac anda. Anda dapat menghapus ini dengan aman.
  • Untuk menghapusnya pilih semua dengan menekan Command +A lalu klik kanan/klik kontrol pada area yang dipilih dan pilih: Pindahkan ke Sampah. Hapus file DMG.
  • Anda mungkin perlu memasukkan kata sandi untuk mengonfirmasi.
  • Setelah anda memindahkan file-file ini ke tempat sampah/tempat sampah, anda harus mengosongkannya: klik kanan pada ikon tempat sampah dan pilih Kosongkan Tempat Sampah/Kosongkan Sampah (tergantung bahasa anda).
  • Ada jenis file lain yang dapat memakan banyak ruang di sistem anda yang juga dapat anda hapus dengan cara ini. Ulangi langkah di atas untuk menghapus file PDF, file CSV, dan arsip Zip.

Langkah 2: Hapus file sementara
macOS membuat file sementara di Mac anda dan umumnya file ini sangat penting untuk kinerja, namun dengan cepat menjadi usang. Setelah anda yakin Mac anda tidak lagi membutuhkannya, anda dapat menghapusnya dengan aman.

  • Buka Finder.
  • Klik opsi Go di bilah menu.
  • Pilih Buka Folder.
  • Ketik ~/library.
  • Tekan enter.
  • Temukan folder Dukungan Aplikasi.
  • Lihat folder-folder ini, jika anda menemukan aplikasi yang anda tahu tidak anda gunakan maka anda mungkin dapat menghapus file yang terkait dengannya dengan aman.

Langkah 3: Hapus file Cache

Cache adalah jenis file lain yang menghabiskan ruang di Other, dan seperti file sementara yang disebutkan di atas, anda harus berhati-hati karena Mac anda mungkin memerlukan file ini untuk berjalan seperti yang anda inginkan. Kami memiliki artikel terpisah yang menjelaskan Cara menghapus cache di Mac yang patut dibaca karena keseluruhan prosesnya cukup rumit. Ada lebih dari satu jenis cache sebagai permulaan.

Anda dapat menghapus cache sistem dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Finder.
  • Klik Buka > Buka Folder.
  • Ketik di Perpustakaan/Cache/
  • Klik Mulai.
  • Sekarang anda dapat membuka setiap folder dan mencari file yang menurut Anda dapat dihapus dengan aman.

Disclaimer: Hati-hati. Menghapus cache aplikasi adalah proses yang sedikit berbeda:

  • Buka Finder.
  • Klik Buka > Buka Folder...
  • Ketik ~/Library/Caches/ (ada ~ kali ini, di sebelah Z).
  • Klik Mulai.
  • Sekali lagi anda perlu membuka setiap folder dan membuat keputusan tentang apa yang akan dihapus.
  • Ingat anda juga perlu mengosongkan Trash/Bin anda setelah anda menghapus file-file ini.

Langkah 4: Hapus snapshot Time Machine
Snapshot Time Machine juga bisa menjadi ruang kosong di Mac anda. Anda mungkin menyadari bahwa perangkat lunak Time Machine Apple dapat mencadangkan Mac anda ke drive eksternal, tetapi tahukah anda bahwa itu juga membuat snapshot lokal di Mac anda sendiri? Apple mengatakan bahwa itu hanya akan menyimpan snapshot ini jika ada cukup ruang kosong, dan itu akan menghapus yang lama untuk menyimpan yang baru, jadi ini seharusnya tidak memakan banyak ruang. Tapi itu bisa memungkinkan anda memulihkan ruang yang cukup untuk membuat semua perbedaan. Untungnya ada metode mudah untuk menghapus snapshot lokal dari hard drive anda – matikan saja fitur Time Machine. Ketika anda melakukan ini, cadangan ini harus dihapus dari Mac anda.

Cara lain untuk menghapus snapshot ini tidak mudah: Anda harus menggunakan Terminal. Jika anda ingin mencobanya maka kami jelaskan caranya di sini: Cara menghapus snapshot Time Machine di Mac anda. Anda mungkin juga ingin membaca cara menghapus cadangan Time Machine di Mac untuk menemukan cara mudah menghapusnya.

Cara Menghapus File Other Lainnya dengan Metode Yang Lebih Aman
Jika kami belum membuatnya cukup jelas di atas, anda dapat menghapus banyak kelas Apple sebagai Lainnya, tetapi anda harus sangat berhati-hati karena tanpa beberapa file ini, Mac anda mungkin tidak berfungsi secara optimal. Selain itu, anda perlu menyadari bahwa menghapus file tertentu dengan cara ini dapat meninggalkan beberapa sisa di Mac anda, bahkan setelah anda mengosongkan Sampah.

Karena masalah ini, metode pilihan kami untuk menghapus Lainnya di Mac, dan menghapus semua space hogs, adalah dengan menggunakan salah satu paket perangkat lunak pembersih khusus Mac yang membantu anda menghindari kesalahan yang merugikan. Beberapa favorit kami saat ini adalah CleanMyMac X, MacCleaner 2 Pro, dan Daisy Disk, tetapi anda akan menemukan pilihan opsi luar biasa lainnya dalam kumpulan perangkat lunak pembersih dan alat pengoptimalan Mac terbaik kami.

Ini sering memiliki fitur analisis sistem yang dapat menyorot file yang berlebihan sambil menahan file yang masih digunakan secara teratur. Kemudian jika anda ingin menghapusnya, anda hanya perlu menekan satu tombol daripada menelusuri ratusan sub-folder dan berharap anda tidak menghapus sesuatu yang penting.

Penutup
www.irepair.co.id
Apa penyimpanan lain di Mac: CleanMyMac X? Anda harus membayarnya, karena uji coba biasanya hanya menawarkan kemampuan untuk mendiagnosis masalah daripada memperbaikinya, tetapi sebagian besar sepadan dengan uang yang dikeluarkan jika anda mempertimbangkan waktu dan frustrasi yang dapat dihemat.

Kami di iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya menggunakan CleanMyMac untuk menghapus file saat kami perlu mengosongkan ruang untuk macOS Big Sur. Ada berbagai opsi, kami akan membahas beberapa di antaranya di bawah ini:

Pemindaian Cerdas – ini akan memindai Mac anda dan pada akhirnya memberi tahu anda sampah apa yang dapat anda hapus. Anda dapat mengklik Tinjau Detail untuk melihat apa yang disarankan untuk anda hapus. Dalam kasus kami ini adalah File Cache Bekas, Binari Universal, File Log Sistem, File Bahasa, dan seterusnya, hingga 4,56 GB. 

Ada juga opsi untuk menghapus Lampiran Surat dan mengosongkan Sampah. Bersihkan Mac Saya hapus Lainnya? File Besar & Lama – inimemungkinkan anda menghapus file yang sudah lama tidak dibuka. Ini menyumbang 5,23GB dalam kasus kami.

Hapus file Lainnya? Anda juga dapat menggunakan CleanMyMac untuk mencopot pemasangan aplikasi. CleanMyMac berharga £29,95/$29,95 (biasanya £34,95/$34,95) jika anda membeli paket untuk satu Mac. Ada juga uji coba gratis. Unduh dari pengembang MacPaw di sini.

Kami juga memiliki kumpulan Pembersih Mac Terbaik di mana kami melihat alternatif berikut untuk CleanMyMac: 

  • DaisyDisk.
  • MacBooster.
  • Parallels ToolBox.
  • MacCleaner Pro.

Sebelum membeli perangkat lunak tambahan apa pun atau mempelajari folder Perpustakaan, lihat tip kami tentang cara mengosongkan ruang di Mac, karena mungkin ada beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengklaim kembali penyimpanan hard disk yang berharga itu.
iRepair Premium Apple Repair Service Store menawarkan layanan perbaikan untuk berbagai produk Apple yang berbeda, termasuk Apple Mac Family (MacBook, iMac, Mac Pro, Mac Studio, dan Mac Mini), iPhone, iPad, dan jam tangan Apple. 
iRepair adalah bagian dari @elmobsub group yang dikhususkan untuk pengerjaan Keluarga Apple Mac Series. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, tim spesialis toko kami di WTC Mall Lantai, No. 227, Kota Surabaya, terampil dan berpengalaman dalam memperbaiki perangkat-perangkat Apple.
Teknisi Apple kami dapat dengan cepat memberikan diagnosis dan menawarkan solusi yang terjangkau. Dengan layanan perbaikan rumah, anda tidak perlu datang ke toko kami untuk memperbaiki perangkat Apple anda – kami datang ke mana pun anda berada di Kota Surabaya.



Di iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya Kami memperbaiki semua jenis produk Apple. Ini termasuk:

  • Apple MacBook (Macbook Air, MacBook Pro, Macbook Retina, MacBook M1, dan MacBook M2)
  • Apple Mac Family (Mac Mini, Mac Studio, dan Mac Pro Super PC)
  • Apple iPad (iPad Air, iPad Pro, iPad Mini, iPad M1, dan iPad M2)
  • Apple iMac (iMac Pro, iMac Retina, iMac M1, dan iMac M2)
  • Apple iPhone (iPhone SE, 7, 8, X, 11, 12, 13, dan 14)
  • Apple iWatch (iWatch 2, 3, 4, 5, 6, dan Ultra)

Dari masalah umum biasanya meliputi layar LCD retak, baterai rusak, port pengisian daya rusak, masalah dengan kamera, speaker, dan tombol, atau masalah motherboard. iRepair memiliki kemampuan untuk mengetahui dengan cepat apa yang salah dengan perangkat Apple anda, memberikan solusi dan segera memulai perbaikan.

iRepair Premium Apple Repair Service Store Surabaya

Service MacBook Surabaya, Service iPhone Surabaya, Service iPad Surabaya, Service iMac Surabaya, Service iWatch Surabaya, Electro Mobile Apple Service, iRepair Apple Service, Apple Service Center Surabaya
www.irepair.co.id

iRepair Premium Apple Repair Service Store is an Apple Store that provides Apple Service, Spare Parts, and Accessories needs in the Surabaya City, visit our store at:

Address


  • 📍 Store I: WTC Mall 2nd Floor, No. R-227, Surabaya City (@irepairsub)
  • 📍 Store II: WTC e-Mall 2nd Floor, No. R-816, Surabaya City (@elmobsub)


Contact


Contact Our Apple Repair Service Store, here:


Best Regards

iRepair Premium Apple Repair Service Store